Tips untuk Menerapkan Sistem HRIS atau Human Resource Information System secara Optimal

Cara menerapkan sistem HRIS (Human Resource Information System) merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam sebuah perusahaan, terutama untuk perusahaan yang sudah besar. Karena berfungsi untuk meningkatkan kualitas dari kinerja karyawan serta membangun sebuah integritas yang tinggi, baik untuk karyawan itu sendiri maupun untuk calon karyawan.

Karena sistem HRIS sendiri bisa dibilang sangat penting untuk diperhatikan, maka pada kita akan membahas mengenai bagaimana caranya untuk bisa menerapkan sistem HRIS itu sendiri di dalam sebuah sumber daya manusia agar lebih maksimal dan juga memiliki kinerja yang berkualitas. Namun sebelum membahas mengenai hal tersebut, kita akan membahas mengenai sistem HRIS secara umum terlebih dahulu.

sistem HRIS sendiri merupakan singkatan dari Human Resource Information System yang mana sangat dibutuhkan oleh sumber daya manusia agar dapat meningkatkan kualitasnya. Peminat dari sistem HRIS sendiri memang tidak banyak tetapi peranan sistem HRIS sangat penting dan ikut serta dalam menentukan kemajuan dan kesuksesan dari sebuah perusahaan.

Di dalam sebuah perusahaan sendiri sistem HRIS memiliki fungsi untuk membantu mengorganisasikan data agar lebih baik karena di setiap perusahaan tentu saja semua administrasi harus benar dan tepat. kemudian juga membantu untuk menjaga rahasia perusahaan terutama untuk data – data yang penting.

Selain itu juga membantu untuk menjamin kelangsungan hidup dari sebuah perusahaan. Kemudian membantu untuk mendidik dan memberikan pelatihan selama kepegawaian seseorang untuk meningkatkan kualitas kinerja. sistem HRIS juga membantu untuk penerimaan karyawan baru serta SDM selalu mengikuti semua peraturan dari pemerintah dan menentukan kebijakan yang sesuai dengan perusahaan namun juga sesuai dengan pemerintah.

Namun sebelum menerapkan sistem HRIS tentu saja membutuhkan beberapa persiapan terlebih dahulu. Dan beberapa hal tersebut adalah adanya sistem komputerisasi yang mana terhubung secara terpadu, hal tersebut bertujuan untuk mempermudah pengaksesan namun tetap tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Kemudian juga dijalankan oleh sumber daya manusia yang sudah berkualitas karena tidak semua orang bisa dalam posisi ini dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tips Menerapkan sistem HRIS di Perusahaan

Pada dasarnya untuk penerapan sistem HRIS sendiri bisa dibilang cukup sederhana, hanya saja memang perlu untuk dipelajari terlebih dahulu agar mendapatkan pemahaman yang lebih. Beberapa hal dasar yang penting dalam menerapkan sistem HRIS sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Yang pertama tentu saja harus mempersiapkan sumber daya manusianya terlebih dahulu, SDM sendiri merupakan salah satu yang terpenting untuk dipersiapkan karena semua kebutuhan dan juga kunci utama dalam sebuah perusahaan. Jika tidak terdapat sumber daya manusia tentu saja semua kegiatan di dalam sebuah perusahaan tidak akan berjalan.
  2. Kemudian yang kedua adalah penerapan sistem dan teknologi yang mumpuni serta menunjang semua kegiatan di dalam sebuah perusahaan. Setiap sumber daya manusia tentu saja membutuhkan perlengkapan yang menunjang semua kegiatannya, mulai dari kecil sampai dengan besar seperti belajar dan yang lainnya
  3. Jika sumber daya manusia tersebut sudah terlatih untuk menggunakan sistem HRIS, maka semua data yang dibutuhkan dan menjadi rahasia perusahaan akan dapat terjaga dengan baik. Oleh karena itu sumber daya manusia harus menyiapkan beberapa hal seperti perencanaan, penyususnan dan pemrosesan data dari dalam sebuah perusahaan.
  4. Selain itu teknologi sangat penting untuk diperhatikan, sehingga kualitas dari teknologi seperti komputer sebaiknya menunjang dan memiliki kualitas yang baik agar nantinya tidak mengganggu aktivitas di dalam perusahaan.

Gunakan Aplikasi sistem HRIS Terbaik

Untuk menerapkan sistem HRIS sendiri selain dengan beberapa tips tersebut juga membutuhkan aplikasi yang digunakan, adapun beberapa aplikasi yang digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Yang pertama adalah employee database management yang merupakan sebuah perangkat program dari komputer dan mengendalikannya mulai dari pembuatan, pemeliharaan sampai dengan penggunaan databasenya.
  2. Dan hal ini juga menimbulkan kemungkinan untuk organisasi bisa menempatkan kontrol terhadap pembangunan database yang ada di tangan administrator database dan juga spesialis yang lainnya. Dan hal ini juga memungkinkan program aplikasi user nantinya akan berbeda namun tetap mudah untuk diakses.
  3. Kemudian yang kedua adalah performance management yang mana performa dari teknologi harus terjaga dengan baik agar nantinya tidak ada kekeliruan.
  4. Selain itu juga recruitment database integrated system yang mana menjadi suatu proses untuk bisa mendapatkan calon karyawan yag mana memiliki kemampuan dan juga berkualitas untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Di dalam masing – masing perusahaan memang berbeda sehingga tergantung dari masing – masing perusahaan. Tetapi meskipun masing – masing proses dari sebuah perusahaan berbeda, akses dari sistem HRIS ini juga cukup mudah karena nantinya dapat disesuaikan dengan proses yang digunakan oleh sebuah perusahaan itu sendiri.

  1. Lalu yang keempat talent management integrated system yang mana mengembangkan invidu dan juga organisasi serta menjawab sebuah perusahaan yang mana organisasinya mendukung dalam cara menerapkan sistem HRIS (Human Resource Information System).

Rekomendasi sistem HRIS Terbaik

Talenta adalah salah satu merk sistem HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software sistem HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta by Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.