Jurnal.id Aplikasi Pembukuan Bisnis yang Mudah Digunakan

Software pembukuan Jurnal.id merupakan perangkat lunak yang diciptakan untuk membantu segala proses pencatatan maupun pembukuan transaksi keuangan. Baik untuk UMKM maupun perusahaan. Pencatatan dilakukan secara teratur, otomatis, akurat, lebih cepat, aman, sekaligus real time. Pembukuan umumnya meliputi modal, keuntungan, kewajiban, harta, serta biaya lainnya.

Mengenal Pembukuan Bisnis

Pembukuan merupakan tahap pencatatan yang dilakukan berkala. Tujuannya untuk mengumpulkan informasi terkait keuangan. Termasuk pula info seputar jumlah harga dari transaksi jasa maupun barang. Proses tersebut diakhiri dengan menyusun laporan keuangan.

Meliputi neraca, laba-rugi dalam rentang waktu tahun pajak. Seluruh tahap tersebut bisa Anda lakukan secara mudah serta cepat menggunakan aplikasi pembukuan keuangan otomatis Jurnal.id.

Laporan Apa Saja yang Dapat Disusun Menggunakan Aplikasi Pembukuan Bisnis Jurnal.id?

Fitur aplikasi pembukuan bisnis satu ini menyiapkan laporan keuangan, pembelian, penjualan, biaya, supplier, pelanggan, stok dan lainnya. Semuanya tergantung dari paket yang telah Anda pilih. Misalnya laporan yang disiapkan meliputi: neraca rugi-laba, piutang, arus kas, hutang, stok serta sebagainya.

Dapatkah user membuat laporan usaha akhir tahun menggunakan Software ini? Ya, Anda bisa melakukannya. Laporan di dasbor pada aplikasi pembukuan ini akan memberi Anda akses secara mudah ke seluruh laporan bisnis yang ada.

Anda dapat memperoleh laporan Laba dan Rugi, bahkan Ringkasan Pajak Penjualan. Software ini membuat Anda laporan bisnis standar guna membantu memahami kondisi usaha secara lebih baik, cepat, serta akurat. Anda pun dapat dengan mudah mengunduh laporan lalu membagikannya pada akuntan Anda.

Anda dapat memperhatikan garis bawah di Laporan Laba & Rugi yang bisa Anda buat dalam hitungan detik saja. Selain itu, tiap akun mempunyai dasbor interaktif yang dapat dengan rapi menunjukkan berapa banyak pengeluaran dan penghasilan bisnis Anda. Nominal tersebut selama periode waktu yang sudah Anda pilih.

Apakah Fitur Software Pembukuan Bisnis Bisa Digunakan di versi Mobile App?

Tentu saja bisa. Informasi Anda akan disinkronkan di seluruh perangkat milik Anda. Ini akan membuat user selalu bisa mengakses data dengan mudah. Di manapun Anda berada, di perangkat manapun yang Anda gunakan. Namun, disarankan Anda untuk memakai software Jurnal Desktop untuk komputer. Karena proses operasional Accounting akan jadi lebih lengkap serta intuitif.

Perbedaan Mengelola Pembukuan Menggunakan Excel dan Aplikasi Pembukuan Jurnal.id

Aplikasi excel sebenarnya bukan dikhususkan untuk kegiatan pembukuan. Oleh sebab itu dibutuhkan rumus khusus untuk dapat menjalankan perhitungan terkait pembukuan. Sementara software ini telah memiliki fitur pembukuan secara khusus. Ini akan membuat proses pembukuan perusahaan serta bisnis dapat dikerjakan secara otomatis, akurat, cepat, dan real time. Fitur-fitur yang tersedia di software ini antara lain:

1. CoA (Daftar Akun)

Dapat digunakan kapanpun Anda butuh untuk melacak, membandingkan maupun menganalisa pembukuan data toko, koperasi atau usaha Anda. Temukan kemudahannya cukup dengan mengakses Daftar Akun yang sudah disusun secara sistematis serta terstruktur di software pembukuan bisnis ini.

2. General Ledger (Buku Besar)

Menyusun laporan pembukuan menjadi mudah berkat semua rincian transaksi yang telah tercatat rapi via sistem software otomatis. Ini akan mengurangi kesalahan di dalam penyimpanan seluruh mutasi serta akun penting usaha Anda. Data laporan pembukuan akuntansi juga jadi lebih akurat sekaligus terpercaya.

3. Neraca Saldo

Tiap transaksi di aplikasi pembukuan dapat secara otomatis terlampir di laporan neraca saldo. Anda bisa langsung mencocokkannya. Software ini juga melakukan pemeriksaan serta saldo otomatis. Tujuannya untuk memastikan jumlah debit dan kredit telah sama.

4. Pencatatan Jurnal

Mencatat segala wujud pembukuan perusahaan. Baik dari sisi pendapatan, beban maupun lainnya. Menggunakan sistem aplikasi secara otomatis. Aplikasi ini bisa membuat jurnal umum. Prosesnya mudah, cepat, serta terperinci.

5. Lampiran Transaksi Digital

Tak perlu lagi khawatir kehilangan bukti transaksi. Fitur di software pembukuan ini sudah dilengkapi dengan lampiran transaksi digital. Mudah dilacak melalui file yang paperless serta mudah disimpan.

Permudah tahap pembukuan akuntansi sehari-hari Anda dengan fitur otomatis di software Jurnal.id. Pastinya hemat waktu dan tenaga. Bisnis Anda juga jadi lebih efisien. Untuk mencoba trial secara gratis selama 14 hari, Anda dapat klik https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/.