May 13, 2021

Raja Baca

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Cara Menghapus Akun Facebook Permanen Dan Menonaktifkan Sementara

Ilustrasi menghapus akun Facebook (Unsplash/@thoughtcatalog)

Kamis, 18 Juni :57 WIB 18 Juni 2020, 11:fifty seven WIB

INDOZONE.ID – Media sosial Facebook sampai sekarang masih tetap eksis digunakan banyak orang. Namun, beberapa orang justru ingin meninggalkan media sosial besutan Mark Zuckerberg ini dengan beragam alasan.

Keinginan berhenti bermain Facebook pada akhirnya membuat orang-orang mencari tau cara menghapus akun Facebook secara permanen.

Sebelum menghapus akun Facebook (FB) milikmu, kamu perlu login dengan memasukkan e-mail dan kata sandi (password) terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan pula kamu sudah menyalin semua informasi penting dari akun tersebut, misalnya foto atau postingan.

Sebab setelah akun FB dihapus, kamu tidak akan bisa mengambil data apa pun yang pernah ditambahkan pada akun tersebut.

Cara Menghapus Akun Facebook Permanen dari PC/Laptop
Laman Facebook dari website (Unsplash/@konkarampelas) Lalu, bagaimana cara menghapus akun Facebook secara permanen dari PC/laptop? Langkah-langkahnya, sebagai berikut:

* Silahkan buka laman resmi Facebook (facebook.com ) dan lakukan login akun dengan memasukkan e-mail dan password yang benar.
* Klik panah ke bawah yang berada di kanan atas halaman Facebook.
* Klik ‘Settings’, lalu klik ‘Your Facebook Information’ pada kolom bagian kiri.
* Klik ‘Delete Your Account and Information’.
* Pilih ‘Delete My Account’.
* Masukkan kata sandi akun Facebook yang akan kamu hapus, klik ‘Continue’.
* Lalu, klik ‘Delete Account’.
* Akun Facebook telah dihapus permanen.

Cara Menghapus Akun Facebook Permanen dari Aplikasi
Aplikasi Facebook di smartphone (Unsplash/@firmbee) Selain dari website Facebook, ada cara hapus akun FB permanen yang dapat dicoba dari aplikasi smartphone. Langkah-langkahnya, sebagai berikut:

* Pastikan aplikasi Facebook sudah ada di smartphone.
* Buka aplikasi Facebook, lalu login dengan e-mail dan password yang benar.
* Klik menu hamburger yang berada di sudut kanan atas navigasi.
* Klik ‘Settings and Privacy’, lalu klik ‘Settings’.
* Scroll ke bawah, sampai kamu menemukan menu ‘Account Ownership and Control’. Pilih menu tersebut.
* Kemudian, pilih ‘Deactivation and Deletion’.
* Pilih ‘Delete Account’ dan lanjutkan dengan klik ‘Continue to Account Deactivation’.
* Pilih ‘Delete Account’.
* Akun Facebook telah dihapus permanen.

Cara Membatalkan Penghapusan Akun Facebook
Tampilan akun Facebook (Unsplash/@timbennettcreative) Begitu selesai melakukan tahapan menghapus akun FB permanen, bisa saja kamu tiba-tiba berubah pikiran. Lalu, kamu berniat untuk membatalkan penghapusan Facebook tersebut.

Nah, apakah bisa membatalkan akun Facebook yang dihapus? Jawabannya, bisa.

Selama jangka waktu kurang dari 30 hari sejak akun FB dihapus, kamu masih bisa membatalkan penghapusan akun tersebut.

Namun jika sudah lewat dari 30 hari, akun FB milikmu dan semua informasi di dalamnya akan dihapus permanen. Artinya, kamu tidak akan bisa lagi mengambil informasi tersebut.

Proses penghapusan semua postingan itu mungkin memerlukan waktu hingga 90 hari sejak dimulainya proses penghapusan akun FB milikmu.

Nantinya, setelah Facebook melakukan penghapusan, semua informasi pada akun kamu otomatis tidak bisa diakses pengguna Facebook lainnya.

Bagaimana cara membatalkan akun Facebook yang dihapus? Untuk membatalkan penghapusan akun FB, silahkan login ke akun Facebook maksimal 30 hari setelah penghapusan akun tersebut. Lalu, klik ‘Batalkan Penghapusan’.

Apa yang Terjadi Setelah Akun Facebook Dihapus Permanen?
Ilustrasi menghapus akun Facebook (Unsplash/@thoughtcatalog) Apabila sudah yakin ingin menghapus akun Facebook, kamu tidak akan bisa lagi masuk dan membuka akun milikmu tersebut. Jadi, keputusan ini harus kamu pikirkan matang-matang, ya.

Selanjutnya, apa yang akan terjadi setelah akun Facebook dihapus selamanya? Ya, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang ini:

1. Kamu tidak akan bisa mengaktifkan ulang akun FB yang sudah dihapus. Ini juga berarti kamu tidak bisa lagi menggunakan Facebook Messenger.
2. Semua informasi, mulai dari profil, foto, video, dan postingan yang pernah ditambahkan ke dalam akun tersebut otomatis akan dihapus secara permanen.
three. Kamu tidak akan bisa mengambil infromasi apa pun yang pernah ditambahkan sebelumnya pada akun FB yang sudah dihapus.
four. Kamu tidak akan bisa menggunakan Facebook Login pada aplikasi lain, seperti Spotify atau Pinterest, yang pendaftarannya menggunakan akun Facebook.
5. Beberapa informasi, seperti pesan yang pernah kamu kirimkan kepada teman, mungkin masih bisa mereka lihat setelah kamu menghapus akun. Salinan pesan yang pernah kamu kirimkan juga akan tersimpan di kotak masuk teman kamu.

Cara Menonaktifkan Akun Facebook Sementara Waktu
Akun Facebook dari aplikasi smartphone (Pixabay) Di sisi lain, sebagian dari pengguna -mungkin kamu juga termasuk- memilih ingin menonaktifkan akun FB sementara waktu. Artinya, kamu masih bisamengaktifkan akun Facebook kembali kapan saja.

Selama akun kamu hiatus, pengguna Facebook lainnya yang berteman dengan Facebook kamu tidak akan bisa melihat timeline atau beranda Facebook-mu. Bahkan, mereka juga tidak bisa menemukan akun FB kamu.

Namun, beberapa informasi lain masih bisa terlihat oleh teman Facebook kamu, seperti pesan yang pernah kamu kirimkan ke mereka.

1. Cara Menonaktifkan Akun FB dari Website Facebook
Tampilan laman Facebook (Pixabay) Berikut ini tahapan cara menonaktifkan akun Facebook sementara waktu melalui website Facebook yang benar:

* Silahkan buka laman resmi Facebook (facebook.com ) dan lakukan login akun dengan memasukkan email dan password yang benar.
* Klik ‘Settings’ di bagian kanan atas pada halaman Facebook.
* Klik kategori ‘General’ pada kolom bagian kiri.
* Klik ‘Manage Account’.
* Klik tulisan ‘Deactivate Your Account’ di bagian paling bawah. Kemudian, klik ‘Close’.
* Akun Facebook akan dinonaktifkan sementara waktu.

2. Cara Menonaktifkan Akun FB dari Aplikasi Facebook
Aplikasi Facebook di smartphone (Pixabay) Selain dari website, ada cara menyembunyikan akun Facebook sementara waktu dari aplikasi smartphone. Kamu bisa melakukannya dengan tahapan berikut:

* Pastikan aplikasi Facebook sudah ada di smartphone kamu. Jika belum, silahkan unduh terlebih dahulu.
* Buka aplikasi Facebook dan lakukan login dengan memasukkan email dan password yang benar.
* Pilih ikon navigasi tiga baris (hamburger menu) di bagian menu Facebook.
* Scroll ke bawah dan masuk ke ‘Account Settings’.
* Pilih kategori ‘General’, lalu pilih ‘Manage Account’.
* Pada bagian ini, klik tulisan ‘Deactivate’. Kemudian, klik ‘Close’.
* Akun Facebook akan dinonaktifkan sementara waktu.

Catatan:

Menonaktifkan akun Facebook sementara waktu sama artinya dengan menyembunyikan profil Facebook kamu dari pengguna FB lain untuk jangka waktu yang kamu tentukan sendiri.

Nah, itulah ulasan singkat dan lengkap tentang cara menghapus akun Facebook secara permanen dan menonaktifkan akun Facebook sementara waktu, baik lewat PC/Laptop maupun aplikasi smartphone.

Artikel Menarik Lainnya: