Cara Menghapus Akun Facebook Permanen 2019 (panduan Lengkap)

Facebook merupakan sebuah media sosial terbesar dan paling banyak digunakan diseluruh dunia termasuk di negara kita Indonesia. Hampir semua orang baik tua maupun muda sudah memiliki akun FB dan terhubung dengan banyak teman disana.

Kemudahan dalam mendaftar dan menggunakan Facebook serta berbagai fitur unggulan yang tawarkan, membuat banyak orang yang berbondong-bondong untuk ikut menikmati kecanggihan teknologi media sosial yang satu ini.

Dengan membuka akun Facebook, kita bisa dengan mudah terhubung dengan banyak teman, saudara, rekan bisnis dan lainnya hanya dengan beberapa sentuhan jari saja. Tak hanya itu hampir semua informasi juga mudah diakses di jejaring sosial Facebook baik berita, video dan foto yang di unggah oleh teman dan halaman yang kita ikuti.

Namun bagi sebagian orang, Facebook bukan lagi tempat yang asyik lagi dalam bersosial media. Banyak pertimbangan yang menyebabkan mereka beranggapan demikian dan berniat mundur serta hendak menghapus akun Facebook secara permanen.

Mengenai masalah ini, Facebook juga telah menyediakan dua opsi yang berhubungan dengan penghapusan akun yakni menonaktifkan akun dan menghapus akun Facebook secara permanen.

Menonaktifkan akun Facebook sementara
Bagi anda yang ingin cuti sementara dari hingar-bingar dunia media sosial. Anda bisa memilih opsi non-aktifkan akun Facebook sementara sehingga jika diperlukan anda bisa mengaktifkan akun anda kembali kapanpun anda mau.

Dengan mematikan Facebook sementara, maka teman dan orang lain atau tak seorangpun bisa melihat linimasa fb anda karena telah disembunyikan oleh Facebook.

Selain itu pengguna Facebook juga tidak akan bisa menemukan anda di pencarian orang karena akun anda telah di non-aktifkan untuk jangka waktu yang hanya anda sendiri yang tahu berapa lamanya.

Namun begitu ada sebagian fitur yang masih bisa digunakan seperti fitur berkirim pesan dengan sesama teman dan orang lain juga masih bisa mencari anda di messenger untuk berkirim pesan.

Untuk cara non-aktifkan akun Facebook sementara waktu, silahkan ikuti langkahnya pada link ini.

Menghapus akun Facebook selamanya
Opsi kedua ini bisa anda pilih jika memang niat anda sudah bulat ingin menghapus permanen akun Facebook untuk selamanya. Karena jika permintaan untuk menghapus akun anda secara permanen sudah dilakukan, maka ada akan ada konsekuwensi yang akan anda terima.

Akibat menghapus akun Facebook
Berikut ini beberapa hal yang akan terjadi jika anda melakukan penghapusan pada akun Facebook secara permanen

* Setelah akun Facebook dihapus, maka anda tidak akan bisa mengakses akun tersebut dan tak bisa menikmati semua fitur yang disediakan.
* Semua hal yang pernah anda bagikan di Facebook akan dihapus permanen termasuk video, foto, profil, postingan dan lainnya.
* Dipastikan anda tidak akan bisa menggunakan FB messenger lagi untuk menerima dan berkirim pesan.
* Anda tidak akan bisa menggunakan Facebook untuk login ke aplikasi pihak ketiga yang pernah anda mendaftar dengan akun Facebook seperti Pinterest, Spotify dan lainnya.
* Pesan yang pernah anda kirim ke teman, kemungkinan pesan masih tersimpan pada kotak masuk akun teman anda.

Jika anda sudah melakukan permintaan penghapusan akun, maka pihak Facebook akan menunda penghapusan maksimal 30 hari kedepan. Artinya jika anda berubah fikiran dan ingin mengembalikan akun tersebut, maka anda masih bisa login dan meminta pembatalan penghapusan.

Akan tetapi jika sudah lebih dari 30 hari, maka dipastikan anda tidak akan bisa untuk memulihkan akun tersebut selama-lamanya. Dan proses penghapusan data akan mulai dilakukan oleh Facebook dalam waktu ninety hari kedepan dan jika diperlukan Facebook juga akan menyimpannya di database cadangan sebagai arsip.

Cara menghapus akun Facebook Permanen
Jika niat anda untuk menghapus akun sudah tak tergoyahkan lagi dan sudah memahami konsekuwensinya. maka di sini telah saya sediakan beberapa tutorial lengkap tentang cara menghapus akun Facebook secara permanen dengan mudah.

Saran saya sebelum melakukan permintaan penghapusan, sebaiknya obtain dulu knowledge-information penting yang anda simpan di facebook seperti video, foto dan lainnya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengamankan salinan informasi akun Facebook anda sebelum dihapus.

Langkah menghapus akun Facebook selamanya
* Pertama-tama silahkan login ke Facebook
* Kemudian silahkan masuk ke Halaman ini
* Kemudian jika ingin obtain data yang pernah anda simpan di Facebook silahkan klik Unduh Info

* Pastikan salinan informasi sudah selesai di obtain
* Untuk kemudian klik Hapus Akun

Sampai disini permintaan anda akan diproses oleh Facebook dan anda diberi waktu 30 hari untuk bisa mendapatkan kembali akun tersebut. Pada saat itu linimasa akun Facebook yang anda hapus tadi sudah tak bisa ditemukan lagi sampai anda membatalkan penghapusan sebelum 30 hari.

Cara Menghapus Akun Facebook Lupa Email dan Password
Ada kalanya kita mengalami masalah ketika login ke akun Facebook yang kita miliki. Umumnya hal itu disebabkan karena lupa alamat e mail atau lupa kata sandi atau mungkin lupa kedua-duanya sehingga tak bisa untuk login.

Biasanya jika hal itu terjadi, tanpa pikir panjang kita mulai membuat akun baru karena tak mau dibuat pusing dengan akun lama yang entah apa e-mail dan passwordnya.

Nah…, dari pada akun tersebut nantinya dimanfaatkan oleh orang lain dan disalahgunakan. Ada baiknya untuk meminta penghapusan terhadap akun tersebut agar lebih aman.

Meminta penghapusan fb lama yang sudah tak bisa dibuka, memungkinkan untuk dilakukan meskipun tanpa e-mail dan sandi alias tanpa melakukan proses login ke facebook.

Cara ini bisa kita lakukan dengan bantuan teman kita yang sering berinteraksi di Facebook ketika akun masih aktif dulu. Yang intinya kita akan melaporkan ke pihak Facebook bahwasanya akun tersebut adalah palsu agar bisa segera ditindaklanjuti.

Langkah hapus akun fb tanpa login
* Pertama silahkan login ke akun FB Baru anda atau bisa menggunakan akun fb teman
* Di kotak pencarian silahkan ketik nama FB lama yang ingin dihapus
* Setelah ditemukan, selanjutnya buka profilnya
* Klik tanda titik tiga di sebelah kanan atas

* Pilih Cari dukungan dan laporkan profil

* Selanjutnya pilih Akun Palsu dan klik kirim

* Kemudian akan muncul pilihan baru, silahkan pilih laporkan profil
* Beri centang pada Saya yakin bahwa ini melanggar Standar Komunitas Facebook dan klik kirim
* Selesai

Permintaan peninjauan akun akan dikirim ke Facebook dan tunggu hingga di proses. Mintalah kepada teman-teman FB lainnya untuk melaporkan akun tersebut agar proses penghapusan cepat dilakukan.

Biasanya setelah banyak yang melaporkan akun tersebut, maka akun akan di lock atau di kunci dalam sehari sehingga tak bisa diakses oleh siapapun dan tak bisa ditemukan di pencarian Facebook.

Jadi dengan panduan ini anda bisa menghapus akun Facebook lama yang lupa e mail dan kata sandi tanpa perlu login karena memang tak mungkin bisa masuk jika kita kehilangan element login Facebook.

Cara Menghapus Akun Facebook Lewat HP Android
Selain cara menghapus akun Facebook dari komputer atau laptop. Kita juga bisa meminta penghapusan akun milik kita sendiri melalui browser Chrome yang terinstal di HP atau smartphone Android yang kita miliki.

Cara ini juga sangat mudah dilakukan di HP anda terutama bagi anda yang tak memiliki komputer dirumah. Hanya dengan beberapa langkah saja maka proses permintaan penghapusan akun akan segera di proses.

Panduan cara hapus permanen akun FB lewat HP:

* Pertama sekali silahkan menuju Link Ini
* Login Facebook di browser anda dengan memasukkan e-mail dan password
* Ada dua opsi yang disediakan yakni Non-aktifkan Akun dan Hapus Akun
* Pilih Hapus Akun jika anda sudah yakin

* Selanjutnya klik Lanjutkan ke Penghapusan Akun
* Terakhir silahkan konfirmasi penghapusan akun

Dengan 6 langkah diatas anda sudah berhasil mengirim permintaan untuk menghapus akun Facebook melalui HP. Selanjutnya akun anda tidak akan bisa diakses dan tak mungkin bisa lagi ditemukan di pencarian Facebook.

Cara Menghapus Akun Facebook Orang Lain
Selain menyediakan fitur menghapus akun milik sendiri, Facebook juga menyediakan formulir untuk meminta penghapusan akun orang lain yang memenuhi syarat untuk bisa dihapus.

Akun orang lain yang boleh di hapus adalah mereka yang tak mampu secara medis untuk mengoperasikan Facebook seperti lumpuh total, mengalami kebutaan permanen dan lainnya. yang kedua adalah akun orang yang telah meninggal dunia.

Kita dilarang untuk meminta penghapusan terhadap akun orang lain yang masih hidup dan tak memiliki kendala dalam mengakses dan mengoperasikan Facebook.

Langkah meminta penghapusan akun orang lain
* Pertama sekali silahkan menuju Link Ini
* Anda akan dibawa ke halaman formulir permintaan penghapusan akun orang lain

* Isi Nama lengkap dan alamat email anda yang legitimate
* Isi juga nama lengkap pengguna Facebook yang ingin anda hapus
* Isi URL profile akun yang akan di non-aktifkan. Alamat URL bisa anda copy di handle bar browser
* Kemudian isi alamat e mail yang mungkin digunakan untuk membuat akun oleh orang tersebut di Facebook
* Selanjutnya pilih sebab ingin menghapus akun tersebut, misalnya Hapus akun ini karena pemiliknya telah meninggal
* Kemudian anda akan diminta upload file surat kematian dan mengisi tanggal kematian
* Setelah itu klik kirim

Selanjutnya silahkan tunggu pihak Facebook untuk melakukan verifikasi formulir penghapusan akun milik orang lain yang anda ajukan. Jika disetujui, maka akun orang tersebut akan dihapus permanen dan dipastikan tidak akan bisa ditemukan lagi di Facebook.

Menghapus akun Facebook yang kita miliki sebenarnya sangat mudah, semudah kita membuat akun tersebut. Anda bisa mengikuti panduan yang telah saya tulis di artikel ini dan pilih sendiri cara mana yang menurut anda paling mudah dan mungkin dilakukan.