March 2, 2021

Raja Baca

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Cara Mengganti Email Facebook Dalam Waktu Singkat

Carisinyal / Cara Mengganti Email Facebook Dalam Waktu Singkat

Ditulis oleh Carisinyal – Diperbaharui 26 Oktober Facebook adalah jejaring sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat. Hampir semua kalangan mulai dari anak kecil, remaja, sampai orang tua pun memiliki akun Facebook. Mereka biasanya menggunakannya untuk sekedar bercengkerama dengan teman yang ada di tempat yang jauh atau ada juga yang sengaja membuat Facebook untuk tempat jualan onlinenya.

Namun, ketika Anda ingin membuat akun Facebook, Anda tidak langsung serta merta bisa mendaftarnya karena Anda harus memiliki e-mail terlebih dahulu untuk bisa membuat akun Facebook. Jangan khawatir, pembuatan e-mail tersebut juga gratis seperti Anda membuat akun Facebook, tinggal Anda memilih mau membuat e-mail dari Yahoo atau dari Gmail.

Mungkin, bagi Anda yang belum begitu mengerti, Anda sering bertanya mengapa ketika ingin membuat akun Facebook harus membuat e-mail terlebih dahulu. Email yang Anda gunakan untuk membuat Facebook tersebut tak hanya sebagai formalitas untuk mendaftar akun Facebook, tetapi e-mail itulah yang nantinya akan digunakan untuk berbagai aktivitas.

Jadi, dengan kata lain, saat pengguna Facebook ingin masuk di akun yang dibuatnya atau istilah kerennya sign up, mereka membutuhkan e mail dan password untuk bisa mengakses Facebook yang dibuatnya. Tanpa keduanya mereka tidak akan bisa masuk ke dalam Facebook.

Namun, namanya pengguna Facebook tentunya berbeda-beda. Ada yang tak masalah jika privasinya diketahui oleh orang lain karena mereka sadar bahwa Facebook adalah jejaring sosial yang tentunya diakses oleh banyak orang. Namun, ada juga orang yang ingin tetap menjaga privasi di Facebooknya.

Bagi mereka yang sengaja ingin menjaga privasi di Facebooknya, salah satu cara yang biasa mereka pilih adalah dengan mengganti e mail Facebook yang lama dengan email Facebook yang baru. Nah, bagaimanakah cara mengganti email Facebook tersebut? Berikut langkah-langkahnya.

Tentunya jika Anda berniat untuk mengganti e mail FB Anda yang lama dengan email FB Anda yang baru, entah apapun alasannya, Anda tetap harus menyiapkan atau membuat e-mail baru. Email tersebut nantinya akan digunakan untuk mengganti e mail FB Anda yang sudah usang.

Membuat e mail yang baru tentunya sangat mudah untuk dilakukan, Anda bisa mengikuti tutorial ini untuk membuat e-mail lewat Gmail atau lewat Yahoo Mail. Setelah selesai membuat, jika Anda ingin masuk ke akun FB Anda untuk mengganti e mail, Anda tetap harus sign in terlebih dahulu menggunakan e mail yang terdahulu, bukan e mail FB yang baru.

Setelah Anda sign in, pergantian e mail baru di Facebook bisa langsung dimulai dengan menuju langsung ke bagian pojok kanan tampilan Facebook. Di sana, klik tombol segitiga terbalik lalu pilihlah opsi settings atau pengaturan akun. Anda juga dapat mengklik link ini agar lebih cepat.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke pengaturan akun umum. Di sana pilihlah opsi sunting email dan klik e mail tambahan untuk menambah e-mail baru. Setelah itu Anda bisa memasukkan e-mail baru yang Anda buat ke dalam pengaturan tersebut.

Selanjutnya, Anda diharuskan untuk mengisi kata sandi atau password Facebook sebagai tanda bahwa Anda benar-benar si pemilik akun Facebook tersebut. Jika dirasa sudah benar dan tepat, Anda bisa klik pada simpan perubahan.

Tim Facebook kemudian akan mengirim sebuah e mail konfirmasi ke alamat email yang baru Anda masukkan tersebut. Email konfirmasi tersebut akan kadaluarsa setelah 1 jam sehingga Anda harus langsung melakukan konfirmasi secepatnya.

Untuk membuktikan pergantian email FB tersebut sukses atau tidak, Anda bisa segera masuk ke e mail baru Anda dan lihat pada kotak masuknya. Jika Anda sudah berhasil memasukkan e mail baru pada Facebook Anda, maka akan terdapat sebuah email baru dari tim Facebook.

Email tersebut akan menginformasikan bahwa Facebook Anda sekarang sudah memiliki 2 e mail, yaitu e mail FB yang lama dan email FB yang baru. Nah selanjutnya, klik hyperlink atau tautan yang ada di dalam email tersebut untuk melakukan konfirmasi.

Jika tidak ingin melakukan konfirmasi dengan mengklik link tersebut, Anda juga dapat mencatat kode konfirmasi yang ada di email tersebut. Nantinya Anda harus memasukkan kode tersebut di dalam pengaturan Facebook untuk konfirmasi.

1. Ganti atau hapus e-mail lama

Setelah proses konfirmasi selesai, silahkan masuk kembali ke halaman pengaturan Facebook. Sekarang rubahlah e-mail baru tersebut menjadi e mail utama atau major contact. Setelah itu masukkan kembali password lalu klik tombol simpan perubahan.

Nah, sekarang e mail utama Anda di Facebook telah berubah menjadi email yang baru. Untuk e mail yang lama Anda dapat menghapusnya ataupun membiarkannya menjadi email cadangan. Bagaimana, mudah bukan langkah-langkah cara mengganti e-mail Facebook di atas?