May 13, 2021

Raja Baca

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping

Belakangan ini banyak akun Instagram di Indonesia yang mendapatkan akses ke fitur Instagram Shopping. Walaupun sudah launch dari beberapa waktu yang lalu, tampaknya belum semua akun Instagram di Indonesia mendapatkan akses ke fitur ini.

Apa itu Instagram Shopping?
Instagram shopping merupakan fitur yang memungkinkan anda memasukkan submit yang mengandung tag produk di dalamnya. Pernah lihat ada akun Instagram yang submit nya ada tag produk, dan saat kita klik di tag produk tersebut diarahkan ke web site model yang bersangkutan? Jika ya, itulah yang disebut dengan Instagram Shopping.

sumber: Instagram Namun belum semua akun Instagram mendapatkan akses ke fitur ini. Saat ini hanya terbatas pada akun tertentu saja, dan terutama akun yang sudah memenuhi persyaratan untuk disetujui mendapatkan akses.

Syarat yang Harus Dipenuhi
Supaya mendapatkan akses, akun anda akan masuk ke dalam sistem evaluation terlebih dahulu, untuk memastikan apakah akun anda sudah memenuhi persyaratan. Nah syarat-syaratnya apa saja?

* Akun anda harus menjual produk fisik. Jadi tidak berlaku untuk anda yang menjual jasa atau produk lainnya yang bukan merupakan produk fisik.
* Akun Instagram anda harus sudah merupakan akun bisnis. Jika anda masih menggunakan akun private, harus diubah menjadi akun bisnis terlebih dahulu.
* Akun Instagram anda harus terhubung dengan Facebook Page bisnis anda. Saat anda mengubah akun dari personal ke bisnis, anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram ke Facebook Page. Pastikan anda menghubungkannya.
* Akun anda harus memenuhi standar kebijakan Facebook dan Instagram. Kebijakannya bisa anda lihat di halaman ini.
* Akun Instagram anda harus terhubung dengan katalog produk di Facebook. Penjelasan mengenai cara membuat katalog produk pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

Jika anda sudah memenuhi seluruh persyaratan tersebut, akun anda akan masuk proses peninjauan oleh pihak Facebook dan Instagram. Anda hanya perlu menunggu untuk mendapatkan fitur Instagram Shopping. Sayangnya, durasi peninjauannya sangat beragam dan tidak ada yang tahu pasti prosesnya akan makan waktu berapa lama.

Bagaimana Cara Set Up Instagram Shopping?
Apabila anda sudah memenuhi persyaratan di atas dan sudah disetujui untuk mendapatkan fitur Instagram Shopping, sebetulnya untuk arrange nya sendiri cukup mudah.

* Buka profil Instagram anda, kemudian ke Settings/Pengaturan, lalu pilih Business/Bisnis
* Anda akan melihat pilihan Shopping/Belanja. Apabila pilihan ini belum muncul, artinya akun anda belum mendapatkan akses ke fitur ini.
* Hubungkan akun anda ke katalog.

Setelah semua proses ini selesai, anda akan melihat pilihan untuk tag produk saat anda akan melakukan posting di Instagram anda.

What do you suppose?
Apakah anda tertarik untuk menggunakan fitur Instagram Shopping atau menghadapi kesulitan untuk set up nya? Bagikan pengalaman dan komentar anda pada kolom di bawah ini.

Have a fantastic week forward!