May 13, 2021

Raja Baca

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Cara Mendapatkan Duit Dari Facebook Dengan Mudah

Kenapa Harus Facebook?

Kenapa coba? Selama ini kita mengenal Facebook sebagai media sosial terbesar, banyak orang berinteraksi disitu. Tentunya ini menjadi lahan pasar yang menjanjikan, terlebih Facebook menyajikan profile selengkap mungkin tentang penggunanya disitu. Artinya ketika orang mau beriklan di Facebook akan sangat benar-benar tertarget sesuai dengan keinginan pengiklan goal audiencenya.

Banyak online shop Indonesia yang menggunakan layanan iklan berbayar di Facebook, mereka telah sukses menargetkan pasar mereka di Facebook. Konsumen berdatangan, hingga omzet pun terus berlipat ganda. Pengalaman saya pribadi, saja jualan kaos hanya mengandalkan iklan Facebook untuk media pemasaran produk saya. Pangsa pasar di Facebook benar-benar tertarget sesuai dengan keinginan saya, alhasil dampaknya sangat luar biasa terhadap penjualan produk saya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, Facebook terus memperbarui layanan dan produk-produknya, hingga kini Facebook juga telah membuat terobosan baru layaknya Google Adsense. Bekerja sama dengan writer di seluruh dunia, Facebook menerbitkan produk berupa ‘Audience Network’ atau kita kenal sebagai Adsensenya Facebook.

Jadi rekan-rekan, selain bayar iklan ke Facebook, saat ini rekan-rekan juga bisa dapet uang dari Facebook, caranya dengan menjadi mitra writer bagi iklan-iklan yang diterima oleh Facebook. Kalau kita bicara Google Adsense kan, orang bayar iklan ke Adsense, terus iklannya muncul di Web kita yang kita pasang script adsensenya, Facebook pun sekarang demikian. Kalau Google, iklannya bisa muncul di video youtube, web site, aplikasi android. Facebook pun bisa muncul iklannya di web site kita, aplikasi, dan juga Artikel Instan Facebook.

Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Online dengan Modal kecil

Jadi kebayang kan sekarang, bagaimana kita bisa dapet duit dari Facebook? Yaitu jadi Publisher, penayang iklan dari Facebook. Nah kalau saya pernah nyoba pakai Artikel Instan Facebook untuk nayakin iklannya. Jadi ketika iklan Facebook itu tayang di web site Artikel Instan saya, saya dibayar oleh Facebook.

Seperti kamu mau ngiklan ke radio/koran/tv, kamu bayar iklan kan ke radio/koran/television nya? Nah ibaratnya kita yang punya radio/koran/television nya. Namun disini Facebook sebagai orang ketiga, orang bayar iklan ke Facebook, gak ke kita langsung, nanti iklan itu akan muncul di media website yang kita punya. Faham kan? Jadi kita digajinya oleh Facebook. Tokopedia juga kan gitu, orang mau beli barang ke kita, tapi belinya ke Tokopedia dulu gak langsung ke kita. Nah Facebook juga sama sebagai perantaranya untuk pasang iklan di media yang kita punya.

Apa itu Artikel Instan Facebook

Ada yang udah tahu? Dikutip dari halaman resmi Facebooknya, Artikel Instan adalah format penerbitan seluler yang memungkinkan penerbit berita menyebarkan artikel ke aplikasi Facebook yang dimuat dan ditampilkan 10 kali lebih cepat daripada net seluler standar.

Nah kamu kan suka Facebookan tuh di smartphone, baik di Android maupun iOS, ada aplikasi Facebooknya kan yang kamu pasang dari Play Store kalau android. Nah, ketika kamu Facebookan di aplikasi itu, bukan di web browser, kamu pasti pernah nemu suatu link website di salah satu teman Facebook kamu.

Terus coba kamu klik, biasanya kan loading agak lama tuh untuk membuka hyperlink websitenya, kadang harus dibuka di browser lain seperti chrome/firefox/dll. Kalau web site itu dipasang artikel instannya pasti gak bakalan loading lama. Cukup klik tautannya, artikelnya sudah langsung muncul dengan sangat cepat. Jadi gak seperti kaya kita buka web site, tapi masih tetep saja di aplikasi itu muncul artikelnya. Tampilannya pun menyesuaikan, bukan kaya tampilan ketika web site kamu di buka di browser.

Website yang sudah dipasang Artikel Instan Facebook ditandai dengan gambar petir kecil dalam hyperlink postingannya.

Dengan adanya artikel instan ini, tentunya sangat memanjakan para pengguna Facebook ketika ingin membaca suatu artikel dalam web site. Terbukti ketika website saya dipasang artikel instan, pengunjungnya jadi lebih banyak, karena mereka ketika nemu hyperlink website saya tidak perlu nunggu lama dan gak perlu beralih membuka browser yang lain untuk melihat artikel dalam web site saya. Dan untuk menerapkan artikel instan kedalam web site kamu, jika kamu pengguna wordpres hanya butuh menginstall satu plug in saja.

Cara kerja plugin WordPress itu hanya untuk mengkonverter yang tadinya artikel di dalam website kamu jadi secara otomatis sudah dibuatkan versi artikel instannya dengan mencomot semacam RSS Feed gitu.

Jadi dapat disumpulkan keunggulan Artikel Instan Facebook itu adalah :

Artikel website bisa dibuka 10 kali lebih cepatHanya bisa dibuka di aplikasi Facebook (Android/iOS)Cukup update tulisan di website saja
Menerapkan Artikel Instan Facebook pada WordPress

Anda pengguna Wordpres? Sebaiknya untuk mencoba menerapkan artikel instan Facebook pada blog kamu, kamu harus pakai WordPress, karena disini saya hanya akan membahasnya pada WordPress saja tidak pada yang lain, walaupun yang lainnya juga bisa.

/plugins/fb-immediate-articles/

Bagi kamu yang belum faham apa itu WordPress, sebaiknya kamu belajar juga membuat website dari WordPress, jangan dulu kesini, ini wordpress.org ya yang self-hosting, harus punya internet hosting sendiri. Bagi yang sudah faham dan terbiasa pakai wordpress bisa kita lanjutkan.

Caranya bisa kamu donlot dulu plug in melalui hyperlink di atas, atau melalui menu plug in > tambah baru > search dengan kata kunci ‘Instant Articles for WP’ > lalu install dan aktifkan deh.

Klik dulu tanda panah nomor 1, kemudian pilih salah satu Fanspage yang akan kamu pakai untuk Artikel Instan web site kamu, jangan lupa, sebelum kami klik tombol “AKSES ALAT ARTIKEL INSTAN”, centang dulu kolom “Dengan melanjutkan, Anda menyetujui Instant Articles Terms.”

Copy dulu ID Halaman kamu kemudian kamu kembali ke dasbor wordpress kamu di menu artikel instan, masukin ID halaman kamu di plugin wordpress kamu untuk mengklaim Fanspage kamu supaya konek sama website kamu.

Abis gitu SAVE DULU setingan di plugin artikel instan kamu lalu kembali ke ALAT PENERBITAN fanspage kamu, masukin url website kamu kemudian klik KLAIM URL.

Jika web site kamu berhasil di klaim, artinya sudah konek antara Artikel Instan di Fanspage kamu dengan website kamu maka akan muncul seperti gambar di atas.

Sekarang bagaimana kita menyiapkan umpan RSS Artikel Instan, hal ini penting karena kita kan hanya posting artikel di web site, nanti melalui umpan RSS ini yang sudah di setting, artikel dalam web site kita akan secara otomatis tampil atau muncul di artikel instan Fanspage kamu. Jadi otomatis gitu, kamu cukup update postingan artikel di net, lalu kamu share aja hyperlink web site itunya di akun facebook manapun, akan secara otomatis, jika hyperlink website kamu di buka di aplikasi fb android/iOS akan tampil versi artikel instannya.

Untuk alamat umpan RSSnya secara default berada di alamat url ini => /feed/instant-articles masukin saja lalu simpan ya.

Masih di dasbor Fanspage Artikel Instan kamu, scroll kebawah, ada ‘GAYA’, klik oleh kamu, klik yang ‘DEFAULT’

Nah ini yang wajib, kamu harus masukin emblem website kamu dengan ukuran yang sudah disesuaikan, jika tidak, kamu gak bakalan di approve.

Sampai sini sebetulnya sudah selesai, tinggal kamu nunggu peninjauan dari pihak Facebook, apakah artikel instan kamu di aprove apa tidak.

Tips dan Trik Supaya Artikel Instan Facebook Kamu di Approve

1. Bikin artikel authentic (bukan copas) minimal sepuluh artikel, minimal 300 kata masing2 artikelnya disertai gambar.
2. Kenapa gambar penting? Karena kan ketika artikel instan kita muncul, itu selalu muncul gambar, judul kemudian isi artikelnya, jadi penting gambar itu. Padi setiap postingan artikel kamu harus disertai gambar unggulan ya, WAJIB. . Ketika kamu menginstal plug in artikel instan di WordPress kamu, sebaiknya jangan dulu menginstall plug in yang lain, walaupun sih tidak apa2 install2 yang lain juga. Cuma untuk jaga-jaga saja. Coz saya waktu itu, sebelum saya install artikel insan di wordpress saya, saya set up juga plugin w3Total Chache, pas sekali gagal. Mau balikin lagi gagal terus, karena kegagalan nya telah ngechache.
four. Ketika posting artikel sebaiknya hanya artikel saja berisi kata-kata dulu, gambar hanya ada di gambar unggulan saja, jangan disisipkan pada artikel kamu. Jangan nyertain video atau yang lain-lainnya dulu. Walaupun gpp, tapi ini mah untuk cari aman saja.

Kendala yang Biasa Dihadapi Ketika Install Plugin Artikel Instan Facebook

1. Logo di dasbor gaya Fanspage kamu belum di pasang.
2. Kalau kamu pasang Artikel Instan di Blog lama kamu yang dah banyak artikelnya, pasti di konfigurasi artikel instan di Fanspage kamu banyak artikel yang harus di perbaiki.
3. Klaim artikel susah

Solusinya :

1. Ya harus bikin brand dulu atuh bos pake sotosop juga bisa lalu upload di editor gaya
2. Kalau saya dulu, artikel yang bermasalah, saya masukin ke tong sampah dulu, jadi yang ada tinggal artikel yang disukai oleh facebook aja dulu supaya di approve, kalau udah di aprove yang aktifin lagi. Hahaha… selain itu juga, di artikel produksi (dasbor fanspage artikel instan kamu) artikel yang bermasalah saya hapusin dulu), repres, kemudian ajukan peninjauan kembali.
three. Kalau sekarang sih mudah bro, pake plugin wordpress dah otomatis, cukup masukin ID halaman kamu di plugin dah jadi tuh..

Pasang Iklan di Artikel Instan Supaya Dapet Duit

Simple juga bro kalau kamu mau Artikel Instan Facebook kamu kaya Google Adsense ngasilin duit. Tapi sebaiknya kamu di approve aja dulu, kalau dah di approve baru artikel instan kamu pasangin iklan. Saran ane ‘USAHAIN ARTIKEL INSTAN KAMU DI LIHAT PER ARTIKELNYA RATA2 1.000 VIEW BARU PASANG IKLAN’. Centang persetujuan lalu memulai deh kamu pasang iklannya.

Jika kamu sudah memulai untuk pasang iklan di artikel instan kamu, kamu perlu menyetting pembayaran kamu.

Saran : PAKAI MANDIRI DEBIT ONLINE. Mandiri secara lembaga sudah bekerjasama dengan Facebook secara resmi terkait pembayaran masalah iklan, ane juga kalau bayar iklan ke Facebook pakai mandiri, cukup masukin sixteen angka di kartu ATM kamu dan nomor kadaluarsa dan three digit kode rahasia di kartu ATM kamu, kamu sudah kaya punya Credit Card. Jadi kita bayar iklan gak perlu ke bank dulu, transfer lalu saldo kita terisi, gak banget, tapi ini mah kaya CC, ngiklan aja dulu, ngutang, di kartu ATM gak ada duit juga gpp, nanti kalau dah ada duit baru ditagih, secara otomatis duit kita berkurang. Enak kan gak ribet. Nah untuk gajian juga, Facebook kan nanti ngasih duit ke kita, saya mah pakai Mandiri juga. Kalau mengetahui kode Swift suatu bank tinggal google saja ya, kode swift itu ibarat kode posnya bank di seluruh dunia.

SIAPKAN NPWP : Bikin NPWP itu mudah, sehari juga jadi, langsung di kasih kartunya, kenapa pake NPWP, karena nanti kamu bakalan ditanyain itu sama facebook, jadi bikin dari sekarang, NPWP pribadi saja.

PENEMPATAN IKLAN : gampang lah ini mah tinggal, udah otomatis, tinggal klik di dasbor > audience community > penempatan. Tinggal copas tuh ID Penempatannya, lalu masukin ke plugin artikel instan wordpress kamu.

Ketika sudah di CoPas ID penempatan iklannya jangan lupa tuh di save. Sudah tinggal nunggu nanti iklan kamu muncul.

Bagaimana Supaya Iklan Kita Banyak Dilihat Orang

1. Ternak Akun : banyakin akun fb kamu gan. Caranya bagaimana? Kalau kamu pake Browser Firefox kamu install add ons ‘Multifox’, kalau kamu pengguna browser Chrome pakai add ons ‘Swap MyCookies’. Untuk apa ternak akun, nanti kan hyperlink artikel instan kamu di share ke akun2 kamu, apalagi kalau akunnya banyak temennya yang kira2 suka sama artikel kita kan bisa jadi di klik dan dishare sama mereka, viral deh.
2. Bikin Artikel Viral : Nah ini harus pas, antara nice weblog kamu dengan akun2 Facebook kamu, jangan sama teman2 di akun Facebook kamu rata2 penyuka bola, kamu malah bikin weblog otomotif lalu dishare di akun itu, gak bakalan nyambung gan. Tapi artikel weblog kamu harus sesuai dengan kebutuhan mereka, supaya mereka mau mengklik apalagi ngesharenya supaya viral.

Cara Ternak Akun Facebook yang Efektif dan Aman

Pertama-tama instal dulu ya add ons di browser Chrome pake Swap My Cookies dan di Firefox pakai Multifox. Untuk apa, itu kan kita bisa buka Facebook sampai puluhan akun dalam satu browser. Misal kita login di profile pertama, lalu save password, kemudia di profile dua dan selanjutnya. Nanti kalau mau login dari profile satu ke profile dua kan tinggal klik saja, jadi gak perlu ribet.

1. Bikin akun pakai identitas asli, foto asli
2. Sehari bikin akun max. three buah
three. ngeAdd temen harus satu interest, kalo ngeAdd ke satu Fanspage, terus saja disitu
four. sehari maksimal ngeAdd teman a hundred orang untuk satu akun
5. kalau bisa pakai konfirmasi nomor HP
6. sering replace status, satu akun ke akun lainnya harus beda updatenya jangan disamain

Trik Bikin Artikel yang Viral

Cara setiap orang pasti berbeda-beda, tergantung moodnya, kalau saya kan basicnya adalah seorang wartawan (Baca : /berita/d /-wartawan-sumedang-ekspres-dikeroyok-anggota-ormas) jadi saya bikin artikel itu lengket banget dengan nuansa jurnalismenya. Walau gak pernah ke lapangan untuk bikin artikelnya, tapi kan ada kode etik jurnalistik, boleh comot assertion seseorang, asal ditulis sumbernya. Coba berita2 luar negeri yang dimuat oleh media2 lokal Indonesia, kan statement juga nyomot dari web luar.

Nah saya kurang lebih seperti itu, saya nyari topik yang lagi hangat hari ini, bila perlu itungannya jam, kejadian yang beberapa jam lalu, cepet2 saya posting dan sebarkan di akun-akun saya, karena belum banyak orang yang tahu kan, saya orang pertama yang ngeshare, jadi deh banyak yang penasaran dan klik hyperlink web artikel instan saya. Kalau beritanya heboh bisa langsung viral tuh, jadi saya kuncinya kecepatan dalam pemberitaan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Konten Viral

Pertanyaan-Pertanyaan Umum

A : Kok bisa dapet duit langsung dari Facebook, biasanya kan kita bayar iklan ke Facebook

B : Facebook semakin hari semakin canggih bro, awalnya iklan Facebook itu muncul hanya diberanda saja kan, tapi sekarang sudah muncul di Instagram, di Website juga dan di Artikel Instan. Nah web site dan Artikel Instan itu kan pihak ketiga (writer), nah kita jadi publishernya kaya Google Adsense, nanti kalau ada orang yang liat iklan Facebook di media yang kita punya, kita dapet duit, di gaji langsung oleh Facebook.

A : Berapa Gajinya?

B : Gajinya dihitung dari per 1.000 tayangan iklan, bukan per klik iklan, beda sama Google Adsense, kalau Facebook CPM bukan CPC ya, per 1.000 tayangnya dibayar antara Rp. 4.000 – 10.000, itu weblog Indonesia ya, gak tau kalau bule.

A : Kapan Gajiannya?

B : Facebook akan menggaji para publishernya sebulan sekali setiap minggu ketiga dalam setiap bulannya, jika dalam satu bulan sebelumnya si Publisher telah dapet $100 lebih, maka uang akan langsung di switch.

A : Kemana di Transfernya?

B : Langsung ke financial institution lokal juga bisa, ane pakai madiri debit online, langsung bisa di transfer dari amerika sana ke rekening ane.

A : Gimana caranya supaya dapet duit dari Facebook?

B : Kalau ane baru bisa pakai artikel instan, coz kalau pakai Audience Network yang lainnya, kaya iklan tampil langsung di web site kita, ane liat weblog Indonesia belum ada, ini artikel instan juga baru rilis bulan2 kemarin di Indonesia mah. Bahkan mau ada perombakan besar2 nanti 1 November 2017 untuk masalah ini, begitu data dari Facebooknya langsung.

A : Kalau pasang artikel Instan selain di WordPress bisa?

B : Sangat bisa, artikel instan, artikel produksinya di Fanspage Facebook, disitu aslinya berisi banyak script, kalau bikin langsung disitu juga bisa, asal isi artikel instan sama isi postingan net samaaan, nah kalau pake wordpress biar postingan nya samaan gitu kan cukup pake plugin, kalau kita replace postingan di internet, otomatis di artikel instan juga terupdate postingan yang sama.