Cara Menambahkan Ikon Sosial Media Pada WordPress Sidebar

hourglass_empty 3min Read

Jika Anda memiliki akun lain selain web site, mengapa harus disembunyikan dari pengunjung setia? Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan logo sosmed ke WordPress.

Memperlihatkan akun sosial media Anda kepada para pengunjung akan mendatangkan pengikut baru – dan cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan memajang ikon media sosial di web site. Karena ukurannya yang kecil, Anda dapat meletakkan brand medsos di mana saja tanpa khawatir mengganggu layout.

Cara Menambahkan Logo Sosmed
Ada dua cara untuk memasang ikon sosial media di website: menambahkannya ke situs tanpa bantuan apa pun atau dengan menggunakan plugin dari pihak ketiga.

Jika Anda memutuskan untuk mengaktifkan plugin, berikut rekomendasi plugin favorit kami yang dapat digunakan:

Menggunakan plugin merupakan pilihan yang sangat baik bagi pemula karena Anda tidak perlu mempelajari hal-hal teknis terlebih dulu. Hanya saja, sebagian besar plugin tidak menyediakan ikon media sosial yang kurang terkenal. Jika tidak ada opsi untuk menambahkan profil media sosial tertentu, maka Anda harus menambahkannya secara guide.

Walaupun nantinya Anda menggunakan coding, penambahan ikon media sosial ke WordPress tidak begitu rumit.

1. Pilih Logo Medsos
Tidak sulit bagi Anda untuk mencari emblem sosmed. Google akan mempermudah Anda dalam menemukan berbagai pilihan ikon sosial media.

Protip: Perlu diingat, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan gambar ikon yang merupakan hak milik orang lain. Jika tetap menggunakan ikon tersebut, maka Anda akan melanggar undang-undang hak cipta.

Untuk menghindari permasalahan hak cipta, saringlah gambar hasil pencarian di Google berdasarkan hak kepemilikan. Caranya, Images > Tools > Usage rights > Labeled for reuse.

Dengan mengaktifkan fitur hak kepemilikan, Google hanya akan menampilkan gambar yang boleh digunakan secara bebas. Anda dapat mencari gambar emblem sosmed yang diinginkan satu per satu atau mengunduhnya sekaligus dalam satu paket.

Beberapa situs, seperti Iconfinder, menyediakan paket brand medsos free of charge yang di dalamnya terdapat berbagai varian ikon media sosial.

Setelah menemukan brand sosmed yang tepat, unduh dan upload ke WordPress media library. Buka Media > Add New, dan mulailah mengupload ikon sosial media yang baru.

Sebaiknya gunakan tool multi-uploader untuk mengupload semua ikon sekaligus.

2. Tambahkan Widget dan Lakukan Konfigurasi HTML
Tambahkan widget yang berisikan logo sosmed ke situs Anda.

Buka Customizer > Widgets melalui dashboard WordPress. Tambahkan “Custom HTML” dengan menyeretnya ke header, sidebar atau footer.

Berilah nama pada customized HTML tersebut, misalnya, “Social Media” dan copy-paste kode berikut.

Protip: Perhatikan username dan tanda kurung sepanjang kode. Gantilah dengan profil media sosial Anda dan URL gambar yang langsung terhubung ke brand medsos.

Buka Media > Library dan klik ikon media sosial yang ingin diupload. Lihat kolom URL. URL tersebut merupakan direct hyperlink yang digunakan untuk menggantikan tanda kurung yang ditunjukkan pada barisan kode di atas.

Beginilah tampilan akhir kodenya.

Pastikan URL direct gambar diakhiri dengan ekstensi file, seperti .png atau .jpg. Jika tidak dibubuhi ekstensi tersebut, maka kode salah dan emblem sosmed tidak akan muncul.

Setelah mengedit bagian-bagian tertentu dari kode, klik Save. Buka situs Anda dan lihat tampilan widgetnya.

Kini Anda sudah tahu cara menambahkan ikon media sosial di WordPress. Ulangi setiap langkah di atas jika ingin menambahkan emblem medsos baru. Prosesnya mudah diikuti dan tidak memakan banyak waktu. Menambahkan ikon sosial media mampu meningkatkan engagement baik di media sosial maupun web site Anda.

Kesimpulan
Menambahkan emblem sosmed ke website merupakan salah satu metode terbaik untuk memperbanyak follower dan meningkatkan brand visibility secara keseluruhan.

Sekarang Anda sudah paham cara menambahkan ikon media sosial di WordPress Anda. Semoga artikel ini cukup membantu. Selamat mencoba!