March 3, 2021

Raja Baca

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Cara Membuat Iklan Di Facebook Ads Simpel Tanpa Ribet

Sudah banyak yang membahas tentang bagaimana Cara Membuat Iklan Di Facebook Ads, sayangnya masih ada juga yang bingung.

Mungkin salah satu faktornya karena memang fb advertisements cukup jelimet dalam penerapannya. Sangat teknis sekali.

Oleh sebab itu saya coba menyederhanakannya sehingga anda bisa langsung beriklan menggunakan fb setelah membaca postingan ini.

Tutorial Facebook Ads
Langkah pertama cara membuat iklan di Facebook yang anda harus lakukan ketika ingin beriklan adalah harus memiliki halaman facebook, karena iklan facebook hanya bisa di operasikan dari sini.

Oh ya, tenang saja jika anda belum memiliki halaman fb saya sudah menyediakan panduannya, ini bukan sekedar membuat halaman saja, tapi membuat halaman fb yang powerful

Jika halaman sudah jadi, saatnya anda mulai beriklan. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Iklan DI Facebook
Saat ini ketika anda selesai membuat halaman fb baru, maka secara otomatis facebook akan membuatkan anda akun business manager, berbeda dengan dahulu anda harus membuatnya terlebih dahulu.

Fyi, ketika beriklan di fb ada dua akun yang bisa digunakan sebagai dasboard iklan, akun personal account dan business account.

Lain waktu akan dibahas perbedaan adverts manager personal account dan business account.

Saat ini fakusnya adalah langsung menggunakan Business Manager saja, biar sekalian.

Sekilas Tentang Facebook Ads Business Manager
Facebooks ads bisnis supervisor akan membantu anda untuk mengelola rangkaian kegiatan iklan anda di fb dalam satu wadah saja, anda bisa berbagi akses ke tim, klien, agency dan lain hal sebagainya.

Istilahnya semua anda dapat lakukan hanya melalui fb supervisor ini, mirip seperti di kantor lah,.

Materi ini saya ajarkan agar nantinya bermanfaat kedepan ketika anda sudah benar-benar serius mendalami facebook adverts advertising. Intinya anda gak akan rugi.

Jika anda butuh yang beriklan di facebook menggunakan akun personal ada baiknya mencarinya di postingan lain.

Perhatikan angka dan panah pada gambar dibawah ini.

Langkah pertama, silahkan login dulu ke facebook anda, perhatikan pojok kiri paling atas panah (nomor 1), itu untuk dropdown melihat fanpages yang sudah anda buat (Nomor 2) dan enterprise manager pada panah (Nomor three).

Selanjutnya klik salah satu enterprise supervisor anda…

Anda akan dibawah kedalam adverts manager dan disana akan nampak dasboard anda, ini sejenis alat kendali yang sudah disiapkan fb untuk para advertiser.

Anda dapat mengontrol iklan anda dari dalamannya facebook, jadi mulai sekarang cease ya bikin postingan di fanpages kemudian langsung pilih enhance postingan. (boncos).

Tiga Langkah Pertama Yang Harus Anda Lakukan
Ada tiga hal utama yang harus anda lakukan..

1. Menambahkan fanpages anda, karena advertisements berjalan membutuhkan fanpages.
2. Membuat Ad Accout,
3. Tambahkan siapa saja orang yang bisa mengakses fanpages dan Ad accout.

Add Page, pilih add web page, kemudian cari halaman fanpages yang ingin anda gunakan.

Ad Account: silahkan pilih create Ad account, buat advert account name, pilih time zone asia/jakarta, forex IDR. lalu tekan next.

Add People : ini fungsinya untuk menambahkan orang lain pada akses fanpages dan ad account anda. silahkan untuk standarnya adalah advert as worker dan admin akses untuk pemberian hak penuh terhadap business supervisor anda. Masukan alamat email mereka.

Nah jika semuanya selesai maka akan berwarna hijau semua. kemudian pilih enterprise setting

Billing/Pembayaran/Penagihan Facebook
Pada enterprise setting anda akan menemukan dua dropdown yang pertama adalah billing dan yang kedua adalah adverts manager.

Menu billing ini berfungsi untuk pembayaran facebook advertisements atau penagihan biaya iklan oleh fb kepada anda.

Silahkan masuk ke menu payment setting dan silahkan pilih add cost method, isi pembayaran anda, misalkan menggunakan kartu kredit atau bank.

Jika anda menggunakan bank sebaiknya menggunkan bank Mandiri atau kartu Jenis dari BTN untuk pembayaran fb advertisements.

Ads Manager
Ads manager fungsinya untuk mengatur iklan anda yang perlu anda ketahui adalah istilah-istlah yang ada pada menu Ads Manager.

Pertama adalah Badan Kerangka iklan facebook atau struktur facebook adverts

Memilih Objektif Campaigns Facebook
Berfungsi sebagai kumpulan dari ad set, satu campaign bisa berisi beberapa ad set, berfungsi untuk mengatur objektif iklan dalam fb ada 3 objektif utama

Objektif ini cocok untuk pengenalan produk Anda, terutama jika produk yang anda iklankan adalah produk baru. Dalam objektiv ini terdapat dua fungsi.

1. Brand Awereness yang berfungsi untuk meningkatkan consciousness (kesadaran merek) terhadap brand anda, mencari siapa saja yang tertarik dengan model/produk.
2. Reach, iklan anda akan menjangkau orang sebanyak-banyaknya

Objektif iklan consideration ini untuk orang-orang yang sudah tau produk anda dan mulai mempertimbangkan produk anda serta menjari informasi lebih tentang produk anda. Objektif ini ada 6 fungsi objektif

1. Traffic = Fungsi objektif facebook ini yaitu mengantarkan orang ke suatu web site/landing web page atau aplikasi yang anda gunakan. misalkan halaman penjualan/
2. Engagement, Tujuan utamannya untuk mendapatkan reply yang sebanyak-banyaknya, bikin iklan ramai karena mendapatkan banyak engagement, like,komen and share.
three. App Installs, sesuai namanya fungsi objektif fb ini untuk mendapatkan banyak instalan aplikasi anda.
4. Video View, iklan dengan objektif ini bertujuan untuk mendapatkan banyak orang yang melihat video konten anda.
5. Leads Generation, iklan model seperti ini untuk mengumpulkan leads database penjualan seperti alamat email dan nomor whatsapp.
6. Messages, mengarahkan orang untuk mengirim pesan (inbox) kepada anda.

Objektive konverion ini berfungsi untuk mendorong orang melakukan pembelian atau melakukan pembayaran terhadap produk yang anda jual, biasanya melalui web site atau halaman penjualan.

Ada 3 fungsi objective conversion ini

1. Conversion, berfungsi untuk mendorong penjualan melalui web site
2. Catalog Sales. jika menggunakan iklan mannequin katalog, gunakan fungsi ini untuk mendorong penjualan.
three. Store Traffic, Mendatangkan orang ke toko offline anda, di Indonesia sepertinya kurang cocok untuk objektif ini.

Silahkan pilih salah satu objektif yang anda sukai dan ikuti instruksi dari facebook selanjutnya.

Poin penting dalam hal menentukan objektif mana yang paling baik yaitu anda harus berfikir mana yang dibutuhkan bisnis anda.

Mirip seperti strategi penjualan offline, apakah promosi doang (Awareness), unsolicited mail atau go to curiosity, aktifitas kunjungan kepada target market yang sudah tertarget (Consideration), atau prospek dan observe up untuk mendorong custemer beli langsung produk anda. (Convesions)

Berarti objektif dengan conversions lebih menguntungkan? silahkan pikirkan sendiri. Strategi bisnis tidak sekonyol itu.

Mengenal Ad Set Pada Facebook Ads
Singkatnya Ad Set pada fb advertisements itu mengatur 4 hal, memilih siapa audience anda, Placements iklan di taruh dimana aja, mengatur spend Budget & Schedule iklan.

Silahkan di beri nama terlebih dahulu Ad Set anda pada field Ad Set Name agar mudah dimanage kedepannya.

Sebelum anda mengisi/mengatur audiens sebaiknya anda lakukan brainstroming dulu tentang siapa target market anda, itulah yang kemudian anda setting di Ad set. semoga paham ya.

1. Lokasi : Jika target anda nasional silahkan atur saja lokasinya Indonesia atau Jabodetabek, Jawa, Bali, Sumatra, kalimantan dan Indonesia timur. Jika lokal ya spesifik aja, kota mana yang ingin anda target, pada Intinya harus tertarget, semakin spesifik semakin bagus.
2. Usia : Kira-kira menurut anda pada rentang usia berapa saja yang butuh produk anda
3. Gender: Apakah produk tersebut untuk laki-laki saja, perempuan atau kedua-duanya.
four. Bahasa : Di isi Indonesia aja biar gak kena sama bule yang sedang stay di Indonesia
5. Detail Target : Berfungsi untuk menspesifikasikan audiens, ada 3 kategori: demografi, Ketertarikan dan perilaku. Anda juga bisa lebih spesifik lagi dengan memilih exclude folks, misalnya orang suka susu tapi tidak suka kopi dan lain-lain.
6. Connection: berfungsi untuk menghubungkan siapa saja audiens yang sudah kita punya sebelumnnya, misal likers fanpages kita, teman orang yang menyukai fanpages dan lain-lain.

* Mengatur Budget dan Penjadwalan Iklan

Selanjutnya anda tinggal memilih berapa budget iklan anda, yang termurah di fb itu minimal 10.000 rupiah, tapi hanya objective brand awereness aja.

Anda bisa mengatur price range iklan berdasarkan biaya perhari/harian atau lifetime, sepanjang yang anda tentukan.

Saya sendiri lebih memilih kapan mulai dan kapan berakhir biar lebih terukur, biasanya memulai sebuah iklan saya lakukan start di jam12 malam, pergantian hari, agar bisa mudah membaca hasil iklan perhari.

Note : Jika anda masih pemula sebaiknya jangan pilih present superior options yah, berabe nanti jadinya.

Membuat Kreatifitas Ad Facebook Ads
Langkah terakhir dari Cara Membuat Iklan Di Facebook adalah berkreasi dengan advert, membuat format advert itu ada dua macam, pertama anda create dari awal dan kedua yaitu menggunakan postingan yang sudah pernah anda buat di fanpages anda.

Karena ini tutorialnya untuk pemula, maka saya menyarankan untuk membuat iklannya dengan format advert kedua, yaitu melalui postingan yang sudah ada.

Silahkan pilih Use Existing Post, kemudian pilih select post dan cari postingan fanpages mana yang ingin anda iklankan.

Nantinya tampilan iklan akan muncul seperti pada gambar, anda juga bisa melihat tampilan format iklan dari stream kanal-kanal yang dimiliki fb, silahkan di klik aja ikon-ikon yang anda.

Jika sudah beres dan dirasa tampilan sudah sesuai dengan yang di inginkan maka silahkan tekan tombol affirm.

Iklan anda sudah selesai. Namun iklan anda belum langsung bisa tayang di beranda facebook, tim facebook harus mereview terlebih dahulu iklan yang anda buat. Jika mereka setujui maka iklan anda akan segera tampil.

Note :

1. Pastikan Iklan anda tidak melanggar aturan dari facebook advertisements, silahkan baca syarat dan ketentuan dari fb.
2. Gambar dan Video iklan tidak kebanyakan text ataupun gambar.
three. Link ke web site atau touchdown page anda sedang tidak di blokir oleh fb.
four. Pastikan halaman facebook anda sudah dalam mode diterbitkan.

Sekian dulu tentang panduan Cara Membuat Iklan Di Facebook, saya yakin panduan ini menimbulkan banyak pertanyaan. maka silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar atau hubungi saya via Whatsapp

Jika anda tidak ingin repot dalam hal teknis iklan dan lain hal sebagainya, silahkan gunakan jasa facebook ads, kebetulan perusahaan yang saya kelola bergerak pada digital promoting, silahkan cari saja Gamma Advertisa.