Anti Ribet Club, Berikut 5 Manfaat Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Bagi Bisnis

Tak terelakkan, akuntansi merupakan aspek bisnis yang penting dalam pengelolaan keuangan. Berkembangnya era digital, diiringi kebutuhan akuntansi yang kian kompleks, membuat penggunaan aplikasi sistem informasi akuntansi lebih diperlukan.

Dengan hadirnya aplikasi sistem informasi akuntansi, segala aktivitas akuntansi yang konvensional, seperti input data, pemrosesan, dan penyusunan jurnal laporan keuangan yang awalnya diproses manual, kini dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Fitur-fitur dalam aplikasi sistem informasi akuntansi mampu menyediakan transparansi dan ketersediaan informasi keuangan perusahaan yang berkualitas.

Manfaat Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Untuk Bisnis

Aplikasi sistem informasi akuntansi memiliki banyak manfaat, beberapa manfaat aplikasi sistem informasi akuntansi adalah sebagai berikut :

  • Menghemat waktu

Manfaat aplikasi sistem informasi akuntansi pertama ialah memudahkan pekerjaan pengelola keuangan perusahaan, sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu dan memanfaatkan sisa waktu berlebih untuk mengejar target pekerjaan lainnya.

Sebagai contoh, pekerjaan seperti membuat invoice untuk pelanggan, deposito bank, menulis cek, dan membuat laporan keuangan dapat dilakukan sekaligus dalam waktu yang lebih singkat.

  • Akurasi lebih maksimal

Proses akuntansi bisa jadi amat panjang dan rumit, sehingga ketelitian sangat diperlukan untuk menghindari salah perhitungan. Input data maupun perhitungan secara terkomputerisasi dapat meminimalisasi kesalahan manusia. Terlebih, algoritma dalam aplikasi sistem informasi akuntansi sudah disesuaikan dengan model standar yang meminimalisasi risiko kesalahan.

  • Menghemat biaya operasional

Manfaat aplikasi sistem informasi akuntansi juga memangkas biaya operasional. Dengan efisiensi waktu, perusahaan tak perlu membayar lembur karyawan atau membayar gaji tambahan untuk mempekerjakan pengelola keuangan outsourcing.

Selain itu, perusahaan juga tak perlu mengeluarkan biaya pencetakan dokumen karena seluruh data dapat disimpan dan diakses secara digital.

  • Membantu pengelolaan arus kas

Manfaat aplikasi sistem informasi akuntansi lainnya ialah dapat mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan tepat, sehingga dapat membantu menganalisis arus kas Anda. Segala utang dan piutang pun dapat dicatat sehingga Anda membantu Anda menjadi alat perencanaan ke depan untuk mengatur pengeluaran Anda. Dengan begitu, pengelolaan arus kas perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

  • Monitoring data keuangan real time

Aplikasi sistem informasi akuntansi dapat memberitahukan posisi keuangan perusahaan secara realtime, tak perlu menunggu periode pembukuan yang biasanya dilakukan setiap bulan atau akhir tahun.

Laporan keuangan yang mendalam dapat Anda ketahui secara terus-menerus kapan pun Anda mau. Anda dapat selalu memantau posisi keuangan berbekal data realtime tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi sistem informasi akuntansi Jurnal by Mekari, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Jurnal by Mekari juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Jenis Aplikasi sistem informasi akuntansi

Aplikasi sistem informasi akuntansi adalah aplikasi yang memang dirancang khusus untuk membantu dan meringankan pekerjaan bagian keuangan dalam mengelola hal-hal yang berhubungan dengan akuntansi. Ada 3 jenis aplikasi sistem informasi akuntansi yang umum digunakan oleh bagian keuangan perusahaan, di antaranya:

  • Aplikasi sistem informasi akuntansi Custom

Aplikasi sistem informasi akuntansi custom (customize) adalah aplikasi sistem informasi akuntansi yang dirancang berdasarkan keinginan perusahaan dengan vendor IT melalui perjanjian dan prosedur tertentu.

Kelebihan dari software ini adalah dapat disesuaikan dengan proses bisnis dan sistem operasional yang dijalankan oleh perusahaan yang bersangkutan. Sementara itu, kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merancangnya dan tidak diperjualbelikan secara bebas.

  • Aplikasi sistem informasi akuntansi Offline

Aplikasi sistem informasi akuntansi offline (desktop) adalah aplikasi sistem informasi akuntansi yang terpasang di komputer dengan cara menginstalasinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Software ini sangat cocok digunakan oleh akuntan yang selalu berada di kantor atau jarang melakukan perjalanan bisnis.

Kelebihan dari software ini adalah dalam pengoperasiannya, software ini tidak membutuhkan jaringan internet sehingga Anda tetap dapat meng-input data. Data-data yang ada akan dan sudah tersimpan di dalam harddisk internal. Selain itu, performa software akan semakin baik jika dipasangkan di komputer yang memiliki spesifikasi tinggi.

Sementara itu, aplikasi sistem informasi akuntansi offline juga memiliki kekurangan, seperti tidak dapat diakses untuk jarak jauh. Kalaupun dapat diakses, Anda harus melakukan pengaturan yang cukup rumit terlebih dahulu, mengirimkan data-data yang diperlukan via email, atau mentransfernya ke flashdisk yang rentan mengalami masalah. Selain itu, software ini juga tidak dapat di-share secara bebas karena vendor sudah menguncinya dengan nomor seri yang berbeda antara program yang satu dengan program yang lain untuk setiap komputer.

  • Aplikasi sistem informasi akuntansi Online

Aplikasi sistem informasi akuntansi online (web based) adalah aplikasi sistem informasi akuntansi yang tidak perlu diinstalasi di komputer sebelum digunakan. Software ini sangat cocok digunakan oleh akuntan yang sering melakukan perjalanan bisnis.

Kelebihan Aplikasi sistem informasi akuntansi Online

Saat ini, hampir semua perusahaan menggunakan aplikasi sistem informasi akuntansi online (web based) karena dianggap lebih fleksibel dan lebih praktis. Anda dapat menggunakannya di mana saja dan kapan saja melalui laptop atau smartphone dengan memanfaatkan jaringan internet. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain yang akan Anda, di antaranya:

  • Dapat diakses tanpa harus menggunakan laptop atau smartphone dengan spesifikasi tinggi.
  • Dapat mengatur sistem keuangan dengan menggunakan berbagai perhitungan. Nantinya, perhitungan-perhitungan tersebut akan dilakukan secara otomatis oleh aplikasi sistem informasi akuntansi online yang Anda gunakan.
  • Dapat mengawasi dan mengontrol seluruh pemasukan dan pengeluaran karena pengelolaan data dilakukan secara real time.
  • Dapat meng-input jumlah maksimal dari ambang pengeluaran sehingga Anda akan lebih mudah saat mengelola keuangan.
  • Dapat memantau pengelolaan data secara real time sehingga Anda tidak perlu berhadapan dengan komputer kantor, apalagi saat harus melakukan perjalanan bisnis.
  • Dapat meng-update pemasukan dan pengeluaran secara real time. Dengan begitu, perusahaan dapat meminimalkan pengeluaran yang berlebih.

Rekomendasi aplikasi sistem informasi akuntansi terbaik

Salah satu software yang bisa menjadi pilihan terbaik adalah Jurnal. Jurnal menyediakan akuntansi online yang memiliki berbagai fitur layanan yang cukup lengkap seperti perhitungan pajak otomatis, perhitungan keuangan, pengelolaan aset, audit terhadap data serta berbagai fitur lengkap lain yang dibutuhkan untuk sebuah aplikasi sistem informasi akuntansi yang baik.

Jurnal juga sangat cocok untuk berbagai skala perusahaan mulai dari kecil, menengah hingga besar karena memberi penawaran harga yang cukup bervariasi dan menarik.

Penawaran ini akan membantu Anda untuk memilih software yang sesuai dengan tingkatan kebutuhan perusahaan Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai keamanan data perusahaan Anda. Karena Jurnal telah menggunakan sistem berbasis Cloud yang mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis kapan dan di mana saja.

Jurnal juga telah tersertifikasi ISO 27001 yang menjamin data Anda tersimpan dengan aman. Bagi Anda juga pemilik toko online manfaatkan aplikasi pembukuan online shop untuk membantu Anda dalam mengelola toko online Anda. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga di aplikasi inventory Jurnal dan dapatkan free trial selama 14 hari.